Selasa, 04 Juni 2013

Kalender Pendidikan SDN Sukmajaya 5



Kalender  pendidikan adalah  pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
Setiap permulaan tahun ajaran, tim penyusun kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Pengaturan waktu disekolah mengacu pada standar isi (SI) dan Kalender Pendidikan SDN Sukmajaya 5 disesuaikan dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat dan pemerintah / dari pemerintah daerah.

Beberapa aspek penting yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan kalender pendidikan sebagai berikut :
-            Permulaan tahun ajaran adalah waktu di mulainya pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu bulan Juli setiap tahun dan akhir bulan Juni tahun berikutnya.
-            Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Sekolah/madrasah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya.
-            Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal . Ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
-            Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Hari libur sekolah/madrasah ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan / atau Menteri agama dalam hal yang berkaitan dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan / atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
-            Waktu libur dapat terbentuk jeda tengah semester, jeda akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional dan hari libur khusus.
-            Libur jeda tengah semester  adalah jeda antara semester akhir tahun pelajaran digunakan untuk persiapan kegiatan dan administrasiak akhir dan awal tahun.
-            Sekolah/madrasah pada daerah tertentu yang memrlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengatur libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
-            Bagi sekolah/madrasah yang memerlukan kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
-            Hari libur umum/nasional atau penentapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan disesuaikan dengan peraturan Pemerintah Pusat/ provinsi/Kabupaten/Kota.

A.  Permulaan Awal Tahun
Permulaan awal tahun pembelajaran dimulai pada hari Senin minggu ketiga bulan Juli, atau apabila hari tersebut merupakan hari libur, maka  permulaan tahun pelajaran dimulai pada hari berikutnya yang bukan hari libur.
Hari-hari pertama masuk sekolah berlangsung selama 3 hari dengan pengaturan sebagai berikut :
1.      Kelas 1 (satu)  melaksanakan Masa Orientasi Sekolah (MOS)
2.      Kelas 2 s.d 6 melaksanakan kerja bakti membersihkan kelas dan halaman.

B.  Waktu Belajar
Waktu belajar menggunakan system semester yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi 1 dan semester 2.
Hari
Waktu Belajar
Senin
07.15-12.45
Selasa
07.15-12.45
Rabu
07.15-12.45
Kamis
07.15 -12.25
Jum’at
07.15-10.50
Sabtu
07.15-11.45

Sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, waktu pembelajaran efektif belajar ditetapkan sebanyak 36 minggu untuk setiap tahun pelajaran. Kegiatan Pengembangan Diri dilaksanakan pada sore hari sesuai dengan jadwal masing-masing.

C  Kegiatan Tengah semester
     Kegiatan tengah semester direncanakan selama 6 hari. Kegiatan tengah semester 1 akan diisi oleh peserta didik untuk mengadakan kegiatan keagamaan dan kegiatan tengah semester 2 pengembangan bakat dan minat. 

D  Libur Sekolah
     Hari libur sekolah adalah hari yang ditetapkan oleh sekolah, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota untuk tidak diadakan proses pembelajaran di sekolah.
     Penentuan hari libur memperhatikan ketentuan berikut ini
1.      Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan/ atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan.
2.      Peraturan Pemerintah Pusat/ Provinsi/ Kabupaten/Kota.
     Sekolah mengambil kebijakan hari libur sebagai berikut :
1.      Libur awal puasa
2.      Jeda antar semester
3.      Libur akhir tahun pelajaran
Hari libur yang ditentukan oleh Peraturan Pemerintah Pusat antara lain
1.      Tahun baru
2.      Idul adha
3.      Tahun baru imlek
4.      Hari raya nyepi
5.      Mualud nabi Muhammad SAW
6.      Wafat Isa Al Masih
7.      Hari raya waisak
8.      Kenaikan isa Al-Masih
9.      Hari kemerdekaan RI
10.  Isra’miraj nabi Muhammad SAW
11.  Idul fitri dan cuti bersama
12.  Hari raya Natal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar